Apa Perbedaan Antara Software ERP dan Software Akuntansi? - Kantor Jasa Akuntansi (KJA) Sandi Bahari
Apa Perbedaan Antara Software ERP dan Software Akuntansi?

Apa Perbedaan Antara Software ERP dan Software Akuntansi?

Beberapa tahun terakhir telah membawa perubahan pada perangkat lunak manajemen bisnis. Sementara bisnis telah lama menganggap perangkat lunak akuntansi sebagai kebutuhan, dan peluang itu semakin diambil oleh perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan (Enterprise Resources Planning/ERP). Namun, banyak yang mulai menggunakan istilah tersebut secara bergantian. Meskipun ada perbedaan diantara keduanya dengan menggunakan istilah yang salah untuk paket perangkat lunak tertentu. Oleh karena itu perlu memahami perbedaannya agar dapat membantu Anda membandingkan perangkat lunak akuntansi dan perangkat lunak ERP.

Sistem ERP adalah perangkat lunak yang mencakup manajemen keuangan perusahaan (company’s financial management), manajemen rantai pasokan (supply chain management), dan manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management), semuanya dalam satu sistem yang komprehensif dan terintegrasi. Ini juga mencakup proses yang khusus untuk industri tempat perusahaan beroperasi. Itu dapat membuat keputusan Anda cepat dan akurat. Saat ini, banyak perusahaan menggunakan sistem ERP untuk bertahan dalam lingkungan yang sangat kompetitif. Singkatnya, software akuntansi ERP banyak membantu perusahaan dalam meningkatkan tingkat produktivitas, transparansi, skalabilitas, efisiensi, dan efektivitas mereka.
Untuk menggambarkan sepenuhnya perbedaan antara perangkat lunak akuntansi dan perangkat lunak ERP, mari kita lihat berbagai fungsi yang secara tradisional ditawarkan oleh masing-masing. Software akuntansi, seperti yang ditunjukkan namanya, menangani transaksi akuntansi seperti penggajian, piutang, hutang, dan saldo percobaan. Modul umum yang dibundel dengan perangkat lunak akuntansi termasuk penagihan, pesanan penjualan, pesanan pembelian, buku besar, absen, pengeluaran, dan pembayaran elektronik.

Meskipun ada beberapa persilangan dengan fungsionalitas ERP, keduanya sedikit berbeda. Perangkat lunak ERP adalah sistem manajemen sumber daya, melacak aset berwujud dan tidak berwujud, bahan, sumber daya manusia, dan sumber daya keuangan. Sumber daya keuangan mungkin melompat ke Anda, tetapi perhatikan bahwa perangkat lunak ERP mencakup berbagai fungsi yang umumnya tidak ditawarkan oleh perangkat lunak akuntansi, sering kali memperhitungkan hal-hal yang tidak berwujud seperti jam kerja manusia, siklus hidup produk, unit kinerja, dan hubungan pelanggan.

Sederhananya, perangkat lunak akuntansi, seperti yang dikenal secara tradisional, adalah bagian dari bundel ERP. Mari kita ambil modul Microsoft Dynamics GP sebagai contoh. Suite ini menawarkan layanan keuangan seperti manajemen keuangan, perencanaan, dan penganggaran. Koleksi ini dengan sendirinya mungkin telah dianggap sebagai perangkat lunak akuntansi sepuluh tahun yang lalu, tetapi sekarang berpotensi dapat berinteraksi dengan sejumlah modul lain. Operasi bisnis seperti proyek dan manajemen rantai pasokan, pelaporan dan analisis, manajemen sumber daya manusia, dan bahkan manajemen TI adalah semua layanan yang dapat dikoordinasikan dan dikelola di bawah perangkat lunak Microsoft Dynamics GP.

Namun, semua ini semantik. Tentu, software akuntansi dan software ERP mungkin merupakan dua hal yang berbeda, tetapi apakah itu benar-benar penting dalam lingkungan saat ini? Jawabannya tidak benar-benar – perangkat lunak akuntansi sebagai entitas tersendiri telah terus berkontraksi. Beberapa tahun terakhir telah melihat banyak vendor perangkat lunak akuntansi berhenti beroperasi atau diakuisisi oleh kelompok yang lebih besar. Selain itu, dengan begitu banyak platform ERP yang menawarkan fungsionalitas akuntansi yang sama tetapi dengan potensi pertumbuhan yang terukur, mengapa Anda memilih paket perangkat lunak akuntansi tradisional?

Alasan mengapa software akuntansi dan software ERP memiliki arti yang sama di pasar saat ini adalah karena software akuntansi seperti yang kita pahami secara tradisional semakin memudar. Rangkaian perangkat lunak yang lebih besar dan komprehensif sedang menggantikan fungsinya. Saat industri bergerak dari konsep perangkat lunak akuntansi yang sudah usang ini, ada kemungkinan bahwa perangkat lunak ERP dapat sepenuhnya mengooptasi maknanya serta tempat fungsionalnya di pasar. Mengingat bahwa keduanya tidak mungkin ada secara bersamaan di pasar sekarang atau di masa depan, mengacu pada ERP sebagai perangkat lunak akuntansi tidak mungkin menimbulkan kebingungan.

Sumber:
• https://www.erpsoftwareblog.com/
• https://axxis-consulting.com/differences-erp-accounting-solution/

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas
EnglishBahasa Indonesia