Definisi, Jenis dan Pentingnya Pembukuan (Bookkeeping) - Kantor Jasa Akuntansi (KJA) Sandi Bahari
Definisi, Jenis dan Pentingnya Pembukuan (Bookkeeping)

Definisi, Jenis dan Pentingnya Pembukuan (Bookkeeping)

Apakah pembukuan pembukuan itu?

Pembukuan adalah pencatatan dan pengorganisasian transaksi keuangan secara sistematis di suatu perusahaan. Memulai dan mempertahankan yang kokoh, praktik akuntansi profesional sangat penting untuk pertumbuhan bisnis.

Pembukuan adalah pencatatan, setiap hari, dari transaksi keuangan dan informasi yang berkaitan dengan bisnis. Ini memastikan bahwa catatan transaksi keuangan individu benar, terkini dan komprehensif. Oleh karena itu, akurasi sangat penting untuk proses tersebut.

Pembukuan memberikan informasi dari mana akun disiapkan. Ini adalah proses yang berbeda, yang terjadi dalam lingkup akuntansi yang lebih luas.

Setiap transaksi, apakah itu soal pembelian atau penjualan, harus dicatat. Biasanya ada struktur yang ditetapkan untuk pembukuan yang disebut ‘kendali mutu’, yang membantu memastikan pencatatan yang tepat waktu dan akurat.

Dasar Akuntansi Akrual (accrual basis) vs Kas (cash basis)

Untuk menerapkan pembukuan dengan benar, perusahaan harus terlebih dahulu memilih dasar akuntansi mana yang akan mereka ikuti. Perusahaan dapat memilih antara dua metode akuntansi dasar: akuntansi dasar kas atau dasar akrual. Perbedaan antara jenis akuntansi ini didasarkan pada waktu ketika perusahaan benar-benar mencatat penjualan (aliran masuk uang) atau pembelian (aliran uang keluar) dalam pembukuan.

 

Cash Basis

 

Accrual Basis
DefinisiMencatat transaksi hanya ketika uang tunai benar-benar diterima atau dibayarkan.Mencatat transaksi ketika itu terjadi, bahkan jika uang tunai tidak diterima atau dibayarkan.
Contoh: Anda membeli 100 unit produk dan akan membayarnya bulan depan.Tidak ada transaksi yang tercatat,Transaksi dicatat melalui akun hutang (kewajiban),

Tugas pembukuan

Pada dasarnya, pembukuan berarti mencatat dan melacak angka-angka yang terlibat dalam sisi keuangan bisnis secara terorganisir. Ini penting untuk bisnis, tetapi juga berguna untuk individu dan organisasi nirlaba.

Orang yang bertanggung jawab atas pembukuan bisnis akan mencatat semua transaksi yang terkait, termasuk namun tidak terbatas pada:

  • Pembayaran beban kepada pemasok
  • Pembayaran pinjaman
  • Pembayaran pelanggan untuk faktur
  • Memantau depresiasi aset
  • Menghasilkan laporan keuangan

Pembukuan dan akuntansi sering terdengar digunakan secara bergantian, namun, akuntansi adalah praktik keseluruhan pengelolaan keuangan bisnis atau individu, sementara pembukuan mengacu lebih khusus pada tugas dan praktik yang terlibat dalam pencatatan aktivitas keuangan.

Mengapa pembukuan penting

Meskipun mungkin tampak jelas, mendetail, pembukuan yang menyeluruh sangat penting untuk bisnis dari semua ukuran. Tampak mudah, pembukuan dengan cepat menjadi lebih kompleks dengan diperkenalkannya pajak, aset, pinjaman, dan investasi.

Melacak aktivitas keuangan bisnis adalah tujuan pembukuan yang paling benar, yang berarti memungkinkan Anda untuk menyimpan catatan terkini dari jumlah masuk dan keluar saat ini, jumlah yang terhutang oleh pelanggan dan bisnis, dan banyak lagi.

Pembukuan tradisional

Pembukuan memiliki sejarah yang panjang sebagai bagian integral dari akuntansi. Secara tradisional, ini melibatkan buku besar, bagan akun, dan sistem entri ganda yang membosankan. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang sejarah faktur & akuntansi di posting blog kami: ‘Faktur & akuntansi: perjalanan melalui sejarah.

Di sini kami akan membahas bagaimana kegiatan utama dicatat dalam praktik pembukuan tradisional, yang masih digunakan hingga saat ini.

Mencatat transaksi

Pada prinsipnya, transaksi harus dicatat setiap hari ke dalam pembukuan atau sistem akuntansi.

Untuk setiap transaksi pasti ada dokumen yang menjelaskan tentang transaksi bisnis tersebut. Ini dapat mencakup faktur penjualan, tanda terima penjualan, faktur pemasok, pembayaran pemasok, pembayaran bank dan jurnal.

Dokumen-dokumen yang menyertai ini memberikan jejak audit untuk setiap transaksi dan merupakan bagian penting dari pemeliharaan catatan yang akurat jika terjadi audit.

Pembukuan entri ganda

Sistem pembukuan entri ganda didasarkan pada kenyataan bahwa setiap transaksi memiliki dua bagian, yang karenanya mempengaruhi dua akun buku besar.

Setiap transaksi melibatkan entri debit di satu akun dan entri kredit di akun lain. Ini berfungsi sebagai semacam sistem deteksi kesalahan: jika, pada titik mana pun, jumlah debit tidak sama dengan jumlah kredit yang sesuai, maka telah terjadi kesalahan.

Opsi pembukuan hari ini

Sepertinya belum ada industri yang kemajuan teknologi (baca: internet) tidak terpengaruh, tak terkecuali dengan pembukuan. Pembukuan digunakan untuk melibatkan banyak buku besar, kemudian beberapa file Exel yang pada dasarnya sejumlah besar file kertas atau komputer. Penyimpanan dengan cepat menjadi masalah dan organisasi bisa menjadi tantangan.

Kemajuan teknologi memfasilitasi perpindahan ke sistem berbasis komputer, dengan perangkat lunak yang tersedia untuk dibeli dan diunduh ke desktop. Meski begitu, program ini bisa jadi mahal dan lambat.

Pengembangan berkelanjutan telah menghasilkan apa yang tersedia saat ini: 100% aplikasi online, dicadangkan di cloud, dengan penyimpanan tidak terbatas. Ini berarti tidak ada unduhan dan pembaruan buggy, tidak ada kekhawatiran kehilangan dokumen karena kerusakan komputer atau virus, dan tidak ada masalah dengan ruang penyimpanan online atau mati. Opsi baru juga telah dibuka oleh booming aplikasi seluler Android dan iPhone, memungkinkan Anda untuk mengelola akun Anda

Berapa Banyak Yang Harus Anda Bayar untuk Pembukuan Setiap Bulan?

Biaya yang dikeluarkan oleh bisnis kecil atau nirlaba untuk pembukuan akan bergantung pada banyak variabel. Ukuran dan siklus hidup perusahaan, jumlah transaksi bulanan, jumlah karyawan dan bagaimana penggajian diproses, jumlah rekening pengeluaran, kartu kredit, faktur yang akan dikirim, tagihan yang harus dibayar, jumlah lembar saldo yang akan direkonsiliasi, dll. kegiatan pembukuan, biaya Anda akan dipengaruhi oleh bagaimana sistem akuntansi, kebijakan dan prosedur, dan kebutuhan pelaporan Anda disiapkan dan dikelola.

Pembukuan Dasar vs. Akuntansi Layanan Penuh

Banyak bisnis kecil pada tahap awal terutama mementingkan kepatuhan – membayar tagihan, mendapatkan bayaran, mencatat transaksi, memastikan akurasi penggajian, dan mengikuti peraturan negara bagian dan federal. Pada titik tertentu, bisnis Anda akan melewati ambang batas dan Anda akan mulai lebih menekankan pada kebutuhan akan laporan keuangan dan kecerdasan yang tepat waktu dan akurat. Ini adalah saat Anda membutuhkan pembukuan yang lebih canggih, akuntansi dan manajemen berbasis akrual atau akuntansi manajerial untuk membantu Anda membuat keputusan berdasarkan data.

Jadi pertimbangan pertama Anda adalah apakah Anda hanya perlu kepatuhan – pembukuan dasar – atau jika Anda siap untuk lulus ke akuntansi layanan penuh yang akan membantu Anda mendorong peningkatan laba, arus kas yang lebih baik, dan pertumbuhan. Mereka membutuhkan tingkat usaha dan keahlian yang sangat berbeda dan seperti yang dapat Anda bayangkan, biaya untuk akuntansi layanan penuh jauh lebih tinggi. Namun, sebagian besar bisnis yang melakukan lompatan melihat nilai dan mengalami ROI dengan cepat.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas
EnglishBahasa Indonesia