Jasa Teknologi Informasi - Kantor Jasa Akuntansi (KJA) Sandi Bahari

Jasa Teknologi Informasi

Jasa Sistem Informasi Akuntansi

Kami melayani jasa teknologi informasi yang berhubungan dengan proses bisnis dan sistem informasi akuntansi perusahaan. Proses bisnis adalah serangkaian langkah yang dilakukan oleh sekelompok pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan konkret perusahaan. Setiap langkah dalam proses bisnis menunjukkan tugas yang diberikan akan kepada pihak-pihak yang bertanggungjawab atas pengelolaan perusahaan. Sistem informasi akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, menyimpan dan mengolah data keuangan dan akuntansi yang digunakan oleh pengambil keputusan.

Informasi akuntansi merupakan sistem yang umumnya berbasis komputer dan metode untuk melacak kegiatan akuntansi dalam hubungannya dengan sumber daya teknologi informasi. Hasil laporan-laporan keuangan dapat digunakan secara internal oleh manajemen atau secara eksternal dengan pihak lain yang berkepentingan seperti investor, kreditur dan otoritas pajak. Sistem informasi akuntansi dirancang untuk mendukung semua fungsi akuntansi dan berbagai kegiatan termasuk auditing, akuntansi keuangan & pelaporannya, manajerial/ manajemen akuntansi dan pajak. Yang paling banyak mengadopsi sistem informasi akuntansi adalah audit dan modul pelaporan keuangan.

Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain:
• Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
• Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
• Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

Terkait dengan hal tersebut diatas, kami melayani jasa sistem informasi akuntansi untuk diimplementasikan di perusahaan, baik dengan adesktop maupun cloud/online accounting. Penerapan aplikasi akuntansi di setiap perusahaan berbeda-beda tergantung dari proses bisnis yang dipengaruhi oleh jenis usaha, kebijakan akuntansi, kompleksitas dan kebijakan manajemen perusahaan, dan lain-lain. Namun penerapan tersebut dapat disesuaikan (customized) dengan kebutuhan dan ketersediaan sumberdaya yang ada di perusahaan.

Akuntansi sebagai sistem informasi adalah sistem pengumpulan, penyimpanan, dan pemrosesan data keuangan dan akuntansi yang digunakan oleh para pengambil keputusan. Sistem informasi akuntansi umumnya merupakan metode berbasis komputer untuk melacak aktivitas akuntansi sehubungan dengan sumber daya teknologi informasi. Laporan keuangan yang dihasilkan dapat digunakan secara internal oleh manajemen atau secara eksternal oleh pihak yang berkepentingan lainnya termasuk investor, kreditor dan otoritas pajak. Sistem informasi akuntansi dirancang untuk mendukung semua fungsi dan kegiatan akuntansi termasuk audit, akuntansi & pelaporan keuangan, akuntansi manajerial / manajemen dan pajak. Sistem informasi akuntansi yang paling banyak diadopsi adalah modul audit dan pelaporan keuangan.

Mengubah atau menambah sistem akuntansi melalui software maupun cloud/online adalah cara terbaik untuk mengotomatisasi informasi keuangan dan menciptakan infrastruktur yang lebih efisien, terutama jika Anda pindah dari gaya buku besar ke sistem akuntansi berbasis perangkat lunak. Implementasi yang sukses dari perangkat lunak atau sistem akuntansi harus dipimpin oleh seorang manajer proyek yang dapat mencurahkan waktu ketika memilih sistem akuntansi Anda, untuk memastikan Anda memilih opsi dengan pelatihan yang luas dan dukungan teknis.

Tahapan-tahapan dalam menerapkan sistem akuntansi dengan software baik secara desktop maupun cloud/online accounting adalah sebagai berikut:

  • Pilih sistem akuntansi baru Anda dengan hati-hati. Anda dapat memilih untuk mempekerjakan akuntan luar untuk meninjau prosedur keuangan Anda dan menyarankan perubahan yang dapat membantu perusahaan. Tinjau keuntungan dari setiap perubahan dengan departemen akuntansi atau pembukuan Anda, karena mereka harus bekerja dengannya setiap hari.
  • Identifikasi manajer proyek untuk memimpin proses implementasi. Orang ini harus memiliki pengalaman luas dalam proyek-proyek di seluruh perusahaan. Pengetahuan tentang departemen pembukuan dan akuntansi akan memungkinkan mereka untuk memahami anggaran, sumber daya, dan dukungan yang diperlukan.
  • Buat anggaran dan batas waktu. Mengubah sistem akuntansi mengharuskan Anda untuk berinvestasi dalam manajer, waktu karyawan, materi pelatihan dan banyak lagi. Tetapkan jadwal waktu yang realistis dengan manajer proyek dan departemen akuntansi Anda.
  • Desain sistem akuntansi baru. Setelah Anda memilih sistem akuntansi apa yang akan Anda gunakan, Anda perlu meluangkan waktu untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Konsultasikan dengan desainer di perusahaan tempat Anda membelinya untuk memilih fitur yang Anda butuhkan.
  • Bangun program pelatihan. Periksa infrastruktur Anda saat ini dan buat rencana pelatihan yang berbeda untuk setiap departemen yang bekerja dengan perangkat lunak akuntansi. Jika program akuntansi tidak menyediakan Anda dengan manual pelatihan, konsultasikan dengan perusahaan penulisan teknis untuk memberi Anda manual yang akurat.
  • Membangun sistem akuntansi percontohan. Staf Anda akan dapat menguji sistem ini, tetapi Anda tetap dapat menyarankan perubahan untuk prosedur yang lebih berhasil. Beberapa bisnis mengatur modul kecil dan karyawan mengirim umpan balik sejak awal dalam proses.
  • Latih karyawan Anda tentang penggunaan sistem. Jika banyak orang perlu dilatih, Anda mungkin ingin melakukan ini dalam gelombang terpisah. Gunakan sistem pilot untuk melatih mereka.
  • Buat perubahan dan terima sistem akuntansi. Setelah sistem diatur oleh perangkat lunak atau perusahaan keuangan, Anda dapat mulai pada timeline akhir Anda untuk implementasi. Migrasikan data dari sistem akuntansi lama Anda ke sistem baru.
  • Mulai transisi. Mulailah dengan departemen keuangan dan tayangkan langsung untuk seluruh perusahaan. Bangun beberapa waktu ekstra untuk mempelajari sistem baru selama hari kerja karyawan Anda.
  • Atur prosedur dukungan. Buat kontak perusahaan tempat Anda membeli perangkat lunak akuntansi dan buat kursus pelatihan penyegaran untuk siapa saja yang membutuhkan bantuan lebih lanjut.
Kembali ke Atas
EnglishBahasa Indonesia