SA 450 – Pengevaluasian Atas Salah Saji Yang Diidentifikasi Selama Audit - Kantor Jasa Akuntansi (KJA) Sandi Bahari

SA 450 – Pengevaluasian Atas Salah Saji Yang Diidentifikasi Selama Audit

Pendahuluan dan Tujuan
SA ini berkaitan dengan tanggung jawab auditor untuk mengevaluasi pengaruh kesalahan penyajian yang teridentifikasi pada audit dan kesalahan penyajian yang tidak dikoreksi pada LK. Kesimpulan auditor yang disyaratkan oleh SA 700 memperhitungkan evaluasi auditor atas kesalahan penyajian yang tidak dikoreksi

Tujuan:
Untuk mengevaluasi:
a) Pengaruh kesalahan penyajian yang teridentifikasi pada audit; dan
b) Pengaruh kesalahan penyajian yang tidak dikoreksi, jika ada, terhadap laporan keuangan.

Ketentuan
• Auditor harus mengakumulasi salah saji yang diidentifikasi selama audit, selain yang jelas-jelas tidak penting (bukan material).
• Auditor harus menentukan apakah keseluruhan strategi audit dan rencana audit perlu direvisi jika:
a) Sifat salah saji yang teridentifikasi dan keadaan terjadinya menunjukkan bahwa salah saji lain mungkin ada yang, jika digabungkan dengan kesalahan penyajian yang diakumulasi selama audit, dapat menjadi material; atau
b) Agregat kesalahan penyajian yang terakumulasi selama audit mendekati materialitas yang ditentukan sesuai dengan SA 320 tentang ‘Materialitas Audit’.
• Auditor harus menentukan apakah salah saji yang tidak dikoreksi adalah material, secara individual atau secara agregat. Dalam membuat keputusannya, auditor harus mempertimbangkan:
a) Ukuran dan sifat salah saji
b) Pengaruh kesalahan penyajian yang tidak dikoreksi terkait dengan periode sebelumnya
• Auditor harus mengkomunikasikan kesalahan penyajian yang tidak dikoreksi dengan TCWG dan dampaknya, baik secara individual maupun secara agregat, terhadap opini dalam laporan auditor.
• Auditor harus meminta representasi tertulis dari manajemen dan, jika relevan, pihak yang bertanggung jawab atas tata kelola apakah mereka yakin bahwa dampak kesalahan penyajian yang tidak dikoreksi adalah tidak material.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas
EnglishBahasa Indonesia