SA 701 (Baru) - Mengkomunikasikan Hal-Hal Audit Utama Dalam Laporan Auditor Independen - Kantor Jasa Akuntansi (KJA) Sandi Bahari

SA 701 (Baru) – Mengkomunikasikan Hal-Hal Audit Utama Dalam Laporan Auditor Independen

Pendahuluan
• Tujuan mengomunikasikan masalah audit utama adalah untuk meningkatkan nilai komunikatif laporan auditor.
• Mengkomunikasikan masalah audit utama juga dapat membantu pengguna yang dituju dalam memahami entitas dan area pertimbangan manajemen yang signifikan dalam laporan     keuangan yang diaudit.
• Ini akan memberikan pengguna yang dituju dasar untuk terlibat lebih jauh dengan manajemen dan TCWG tentang hal-hal tertentu yang berkaitan dengan entitas.
• Mengkomunikasikan masalah audit utama BUKAN:
a) pengganti pengungkapan dalam laporan keuangan
b) pengganti untuk itu auditor mengungkapkan pendapat yang dimodifikasi
c) pengganti untuk pelaporan di sesuai dengan SA 570
d) terpisah pendapat di individu masalah
• SA 705 (Revisi) melarang auditor untuk mengomunikasikan masalah audit utama ketika auditor menyangkal suatu opini atas laporan keuangan, kecuali pelaporan tersebut                 diwajibkan oleh undang-undang atau peraturan.

Tujuan & Definisi

Tujuan
Tujuan auditor adalah untuk menentukan hal-hal kunci audit dan, setelah membentuk opini atas laporan keuangan, mengkomunikasikan hal-hal tersebut dengan menjelaskannya dalam laporan auditor.

Definisi
Masalah audit utama: Hal-hal yang, menurut pertimbangan profesional auditor, adalah yang paling signifikan dalam audit atas laporan keuangan periode kini. Masalah audit utama dipilih dari hal-hal yang dikomunikasikan dengan pihak yang bertanggung jawab atas tata kelola.

Ketentuan

Menentukan Masalah Audit Utama

Dalam membuat keputusan ini, auditor harus mempertimbangkan hal berikut:
a) Area dengan risiko kesalahan penyajian material yang dinilai lebih tinggi, atau risiko signifikan yang teridentifikasi (SA 315).
b) Pertimbangan auditor yang signifikan terkait dengan area dalam LK yang melibatkan pertimbangan signifikan, termasuk estimasi yang diidentifikasi memiliki ketidakpastian            estimasi yang tinggi.
c) Peristiwa atau transaksi penting yang terjadi selama periode tersebut.

Mengkomunikasikan Masalah Audit Utama
Di bawah judul terpisah ‘Masalah Audit Utama’ dalam Laporan Audit. Berikan definisi dan kemudian komunikasikan Masalah Audit Kunci Individual.
Audit Kunci Penting Bukan Pengganti untuk Mengekspresikan Opini yang Dimodifikasi

Keadaan di mana Masalah Audit Kunci Tidak Dikomunikasikan:
a) Hukum atau peraturan melarang pengungkapan publik tentang masalah tersebut; atau
b) Dalam keadaan yang sangat jarang, auditor menentukan bahwa masalah tersebut tidak boleh dikomunikasikan karena konsekuensi buruk dari hal tersebut akan lebih besar                  daripada manfaat kepentingan publik.
Komunikasi dengan TCWG
Dokumentasi

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas
EnglishBahasa Indonesia