Sistem Informasi Akuntansi Perusahaan - Kantor Jasa Akuntansi (KJA) Sandi Bahari

Sistem Informasi Akuntansi Perusahaan

Perkembangan usaha setiap perusahaan mengalami dinamika yang bersifat fluktuatif, baik yang menyangkut kompleksitas usaha, maupun metode dan cara pelaporannya. Untuk mempermudah dan menunjang efisiensi dan efektivitas pelaporan kegiatan usahanya, perusahaan biasanya memiliki prosedur dan kebijakan tersendiri.

Sistem informasi akuntansi adalah sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis. (Hall, 2011). Informasi yang dihasilkan terdiri dari informasi akuntansi keuangan, yang terdiri dari laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak ekstern dan informasi laporan manajemen merupakan informasi yang berguna bagi manajemen dalam pengambilan keputusan.

Dalam informasi akuntansi manajemen terdapat komponen yang digunakan bagi perencanaan dan pengendalian perusahaan, kompenen tersebut adalah sistem akuntansi biaya digunakan untuk membantu manajemen dalam perencanaan dan pengawasan dari aktivitas pengadaan, proses distribusi dan
penjualan. Komponen yang lain adalah budgeting yaitu proyeksi keuangan perusahaan untuk masa depan yang bermanfaat untuk menolong manajer dalam perencanaan dan pengawasan.

Dalam implementasinya ada yang menerapkan sistem informasi akuntansi berbasis aplikasi (software/ERP) maupun secara manual dengan aplikasi MS Office, yaitu Excel. Oleh karena itu, untuk memudahkan pelaporan kegiatan usaha perusahaan, kami menawarkan implementasi sistem informasi akuntansi berbasis aplikasi (software/ERP), baik secara desktop, maupun cloud/online accounting. Software/Aplikasi yang tersedia dipasaran terdiri berbagai macam jenis dan spesifikasinya, diantaranya; Accurate, MYOB, Zahir, Quickbooks, Xero, Compiere, SAP Business One, dan lain-lain.

Tahapan yang lakukan dalam proses implementasi, meliputi:

  • Survei Pendahuluan (Pemahaman Proses Busines Klien)
  • Rencana Pengerjaan (Jangka Waktu Dimulainya Pengerjaan)
  • Instalasi Awal (Set Up, Database, Akun Perusahaan, Dan lain-lain)
  • Konfigurasi Software/Aplikasi dan Preferensi Modul Menu
  • Pembuatan  Nama Akun (Chart of Account)
  • Diawali Memasukan Saldo Awal (Input Data) 
  • Perawatan (Maintenance )

Pada bidang akuntansi, sistem pemrosesan informasi akuntansi dengan berbasiskan komputer menjadi sesuatu hal yang wajib bagi perusahaan, selain memberikan cara praktis bagi para akuntan dalam menghasilkan data dan
informasi yang dapat dipercaya, rapi, lengkap namun juga dapat memberikan efisiensi waktu dan biaya dalam mendapatkan informasi ataupun mengolah data dalam organisasi. Dalam proses implementasinya, banyak penyedia jasa sistem informasi akuntansi yang sesuai dengan karakteristik dan aktivitas perusahaan.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas
EnglishBahasa Indonesia